Khutbah Jumat (Edisi 156 Tema : “Jangan Lupakan Angka 17”

Khutbah Jumat (Edisi 156 Tema : “Jangan Lupakan Angka 17”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 156 Tema  :

“Jangan Lupakan Angka 17”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ ATTAQWA Ujungharapan Kab. Bekasi. Jumat, 16 Agustus 2024 M/10 Shofar 1446 H. 


اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ فصَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الزحام، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا المسلمون، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلحون يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

79 tahun lalu di hari jumat bangsa Indonesia memproklamirkan kepada seluruh penduduk dunia bahwa bebas dari penjajahan. Kenapa yang dipilih hari jumat bukan hari senin, bukan hari selasa, ada apa dengan hari jumat? karena memang orang-orang yang mengumumkan kebebasan kita dari penjajahan Belanda, penjajahan orang-orang kafir itu adalah orang-orang yang religius, orang-orang yang agamis, mereka bukan hanya sekedar para pejuang rasionalis tapi mereka orang-orang yang beragama, mereka tahu bahwa induk dari segala hari adalah hari jumat karena mereka percaya, siang dan malam mereka bersaksi أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ bahwa Rasululloh saw bersabda, hari yang dipilih sebagai sayyidul ayyam itulah hari jumat, mereka ingin bahwa kemerdekaan itu ditolong oleh para malaikat yang mengaminkan doa mustajab di hari jumat, maka saat selesai sang saka bendera merah putih itu dikibarkan, teks proklamasi pun dibacakan oleh presiden Ir Soekarno dan seluruh rakyat Indonesia menjadi saksi mengangkat kedua tangan mereka berdoa kepada Allah swt diaminkan oleh mereka yang hadir saat itu menjadi bukti sejarah, menjadi saksi sampai hari ini berkat doa-doa mereka kepada Allah swt pada hari jumat.


Indonesia merdeka tepat pada bulan Ramadhan, bulan mulia, bertemu dua kemulian, hari jumat sebagai sayyidul ayyam (pemimpin hari dalam sepekan) dan bulan Ramadhan sebagai sayyidusysyuhur (pemimpin dari segala bulan kemulian), merupakan satu-satunya nama bulan yang disebut dalam alquran adalah syahru Ramadhan.

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Bagi kita umat islam ada tiga angka 17 yang harus selalu kita ingat dan tidak boleh kita lupakan :

Pertama, 17 Agustus.

Di tanggal 17 Agustus inilah bangsa yang besar, bangsa yang sangat kita cintai ini merdeka, bebas dari segala penjajahan dan penindasan. Kalau sekarang bangsa Indonesia kita rasakan sebagai bangsa yang maju, bangsa metropolitan dan bangsa yang diperhintungkan oleh negara-negara lain di dunia karena negara kita ini aman, negara kita ini merdeka, hanya satu negara yang aman sajalah yang mampu membangun dirinya, mampu bersaing dan bersinergi dengan negara lain, kemerdekan yang kita nikmati, kita rasakan, kita isi dengan pembangunan sekarang ini bukan hadiah Belanda, bukan juga jatah gratis dari Jepang, kemerdekaan ini tidak turun dari langit, kemerdekaan tidak muncul hanya dengan simsalabin, namun kemerdekaan yang kita nikmati ini ditegakkan diatas cucuran air mata, peras keringat, banting tulang, genangan darah dan pengorbanan nyawa orang-orang tua kita tanpa mereka sempat menikmatinya, seperti hari ini kita bisa minum air kelapa karena orang-orang terdahulu sudah menanamnya, kalau sekarang ini kita bisa menikmati indahnya udara merdeka karena orang-orang tua kita sudah berhjuang merebut kemerdekaan ini. Maka ini harus kita syukuri dengan menjaga, melihara dan mengisinya.


Merdeka berarti harus membangun, merdeka bukan untuk kepentingan peribadi atau golongan, merdeka itu makmur untuk semua, merdeka itu adil untuk semua, hukum pun berlaku untuk semua, merdeka itu bukannya bebas tanpa hukum, merdeka itu bukannya menang berkuasa dan merdeka itu bersatu untuk membangun.

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Kedua, 17 Rokaat.

Orang-orang tua kita dahulu berjuang melawan Belanda senjatanya bambu runcing, mana mungkin bambu runcing bisa mengalahkan tank-tank berlapis baja, mana mungkin bisa mengalahkan tantara-tentara profesional yang terlatih dengan baik, menurut perhitungan akal manusia sangat tidak mungkin bangsa Indonesia dapat merdeka kalau tidak ada campur tangan Allah swt, bagi Allah semuanya mudah.

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia”. (QS. Yasiin : 82).


Dalam UUD 45 pun disebutkan kemerdekaan negeri ini berkat Rahmat Allah dan diiringi dengan keinginan yang luhur dari bangsa Indonesia, kita masuk surga bukan karena amal kita banyak dan kita juga merdeka bukan karena persenjataan yang kita hebat tapi kita merdeka dengan sebab Rahmat Allah swt


Para ulama, para kiai mereka bermunajat kepada Allah dibulan Ramadhan, mereka berdoa dalam sholat taraweh, sholat tahajjud, sholat lima waktu berdoa, memohon kekuatan dari Allah, siang hari berpuasa malam harinya berdoa agar bangsa Indonesia merdeka.


Jika ingin selamat, ingin sukses, ingin berhasil dan ingin keluar  dari berbagai masalah besar yang menimpa, jangan pernah tinggalkan sholat, jiak berani tinggalkan sholat berarti berani meninggalkan Allah padahal Allah adalah maha pemberi dan maha penentu segala hidup mati kita.

فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ

“Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.” (HR. Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi dan Hakim).

فَإِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ.

“Apabila shalatnya baik, maka seluruh amalnya pun ikut baik. Apabila shalatnya buruk, maka seluruh amalnya pun ikut buruk” (HR. Ath-Thabrani).

Jika sholatnya benar, maka seluruh ibadahnya benar, jika seluruh ibadahnya benar maka hidupnya pasti benar, jika hidupnya benar maka matinya pun benar, jika matinya benar maka pasti akan bertemu dengan orang yang paling benar dalam sugraNya Allah swt yaitu Rasulullah saw.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Ketiga, 17 Ramadhan.

Tanggl 9 Ramadhan 1364 H, bukti sejarah bangsa Indonesia merdeka diproklamirkan, seluruh eleman masyarakat bersatu padu dengan niat dan tekat yang sama ingin bebas dari penjajah selama 350 tahun penderitaan yang cukup panjang. 17 Ramadhan juga saat diturunkannya undang-undang terbaik umat islam, undang-undang yang paling benar sepanjang hayat, undang-undang yang tidak pernah salah yaitu al-quran al karim.


Orang-orang yang selalu bersndar kepada alqura pasti tidak pernah sesat, pasti selamat dunia akhirat. Rasulullah saw bersabda,

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku telah tinggalkan kepada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” (HR. Malik; Al-Hakim, Al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm).

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ

“Sesungguhnya Al-Qur`an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus.” (QS. al-Isrâ`:9).

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتٰبَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ 

“Dan Kami turunkan kepadamu al-Kitab (Al-Qur`ân) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS. an-Nahl : 89).


Mengikuti al-quran dan mencintai sunah Nabi saw akan turun ampuna dan cinta Allah kepadanya.

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ۝٣١

“Katakanlah (Nabi Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali 'Imran : 31).

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

79 tahun bangsa Indonesia telah merdeka tugas kita adalah mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai amal sholeh, tingkatkan syukur kita kepada Allah, jika kita bersyuku maka pasti akan Allah tambah lagi nikmatnya, jangan dicampuri dengan kemaksiatn dan kekufuran karena itu akan mengundang murka Allah swt.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, "Sesungguh­nya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim : 7).

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

uanuan

UMROH HEMAT 09 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Scoot Air

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 06 Oktober 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 14 Oktober 2024
By Pesawat Scoot Air
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”


KABAR GEMBIRA...
Bagi Anda Yang Ingin BERANGKAT HAJI REGULER di Tahun 2025
SILAHKAN BERGABUNG....
Bimbingan Manasik Reguler
Dibimbing Langsung Oleh : Ustadz H.Nur Anwar Amin,Lc Pimpinan Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Bisa BERGABUNG Bagi Anda Yang :
- Porsi Hajinya di tahun 2025
- Porsi Haji Kabupaten & Kota Bekasi
- Porsi Haji Mandiri
- Belum terdaftar di KBIHU Manapun
- Sudah terdaftar di KBIHU namun ingin Bimbingan Manasik Haji
- Rencana mau BADAL HAJI
- Rencana Mau Ibadah Umroh

JOIN US :
> Pembimbing Profesional
> Info Haji Terupdate
> Pelayanan Nyaman & Dilayani
> Lengkap Teori, Praktik Haji & Umroh
WA : 08161191890




YUUUK TUNAIKAN ZAKAT
"Sucikan Harta, Bahagiakan Dhuafa"
UPZ BAZNAS Wafizs Al-Amin Centre Menerima & Menyalurkan : 
Wakaf, Infaq, Zakat dan Sedekah
#Melalui Transfer Ke Rekening :
BSI : 711 7824 823
Mandiri : 156 00 1497 0331
BNI : 0814 1068 54
a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. 
Contact UPZ Wafizs Al-Amin Center WA :
0857-7814-1993
08161191890


UMROH AWAL MUSIM 11 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Pesawat Saudia Airlines (SV 827)

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 14 Juli 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah (11 Maret 2024) 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 24 Juli 2024
By Pesawat Saudia Airlines (SV 816) 
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”