Khutbah Jumat (Edisi 157 Tema : “Berdosa Tinggalkan 17 Ini”

Khutbah Jumat (Edisi 157 Tema : “Berdosa Tinggalkan 17 Ini”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 157 Tema  :

“Berdosa Tinggalkan 17 Ini”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ NURUL HIKMAH Pemda Kab. Bekasi. Jumat, 30 Agustus 2024 M/26 Shofar 1446 H. 

اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ فصَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الزحام، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا المسلمون، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلحون يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Baru saja bangsa Indonesia tercinta ini merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus 2024, sudah 79 tahun lampau negara Indonesia merdeka dari penjajahan fisik, selama 350 tahun, waktu yang sangat panjang rakyat Indonesia menderita, kita harus bangkit dari keterpurukan dan penindasan ini, kita bisa buktikan ke dunia bahwa Indonesia siap menjadi negara maju, siap bersaing, siap membangun dan siap bersinergi dengan negara manapun.


Angka 17 boleh berlalu dari pandangan kita, angka 17 boleh menjadi symbol kemerdekaan, kebebasan dan kekuasaan. Angka 17 baru saja kita lewati bersama dengan penuh euforia dan kegembiran tapi jangan pernah tinggalkan angka 17 yang Allah turunkan dari langit yaitu 17 rakaat setiap hari lima waktu kita diwajibkan menghadapNya.


Kita harus banggga, berbahagia dan  bereuporia karena hadiah yang paling terindah dimana Allah izinkan kita untuk menghadapNya minimal 17 rakaat, siapa kita, sampai Allah mengizinkan kita bolak balik untuk menghadap Allah dalam sholat. Disaat kita bisa sholat karena kita dianggap mulia, danggap punya nilai dimata Allah sehingga Allah izinkan diri kita bertemu untuk menghadap kepadaNya.


Sebaliknya, jika ada seseorang tidak mau sholat, bukan karena dia tidak mau sholat tapi karena dia sudah jatuh dalam pandangan Allah, sudah terhina dan tidak ternilai dimata Allah sehingga Allah tidak lagi mau mengizinkan kepada dia untuk menghadapNya.

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Sholat itu ada 4 tinggkatan, agar kita dapat melihat sholat kita sudah ditingkat yang mana :

Pertama, Tingkat yang paling bawah, Sholat Sebagai Beban.

Ada orang yang sholatnya dikerjakan setiap hari namun masih merasa sebagai beban, malas kalau disuruh sholat terutama sholat  shubuh. Golongan seperti ini adalah orang-orang munafiq. Allah swt berfirman,

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ يُخٰدِعُوْنَ اللّٰهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْۚ وَاِذَا قَامُوْٓا اِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوْا كُسَالٰىۙ يُرَاۤءُوْنَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ اِلَّا قَلِيْلًاۖ ۝١٤٢

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah membalas tipuan mereka (dengan membiarkan mereka larut dalam kesesatan dan penipuan mereka). Apabila berdiri untuk salat, mereka melakukannya dengan malas dan bermaksud riya di hadapan manusia. Mereka pun tidak mengingat Allah, kecuali sedikit sekali.”  (QS. An-Nisa' : 142).


Bahkan orang yang sulit bangun sholat shubuh dalam riwayat Ibnu Mas’ud telah dikencingi setan. “Di hadapan Nabi saw disebutkan tentang seorang laki-laki yang tidur semalaman sampai datang pagi. Rasulullah saw pun bersabda,

ذَاكَ رَجُلٌ بَالَ الشَّيْطَانُ فِى أُذُنَيْهِ – أَوْ قَالَ – فِى أُذُنِهِ

“Laki-laki itu telah dikencingi oleh setan pada kedua telinganya -dalam riwayat lain: di telinganya-” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Kalau ada orang malas sholat sehingga sebagian sholat dikerjakan diluar waktunya, yang seperti ini Allah sebut dalam firmanNya celaka.

   فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَۙ (٤) الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ (٥) الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَۙ (٦) وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ (٧)

 

"Celakalah orang-orang yang melaksanakan salat, (yaitu) yang lalai terhadap sholatnya, yang berbuat riya dan enggan (memberi) bantuan." (QS. Al-Ma'un : 4-7).


Sesibuk apapun dirimu jangan pernah tinggalkan sholat, sedang mengerjakan perkara penting apapun, jangan pernah mengakhirkan sholat, jangan pernah mengeluarkan sholat dari waktunya. Karena sholat itu urusanmu kepada Allah, tidak ada yang lebih penting daripada itu, siapa yang mementingkan Allah dia bakal dipentingkan Allah, siapa yang meremehkan sholatnya berarti dia telah meremehkan Allah, siapa yang meremehkan Allah dia akan diremehkan oleh Allah.


Walaupun kaya raya, hartanya melimpah, jabatannya tinggi kalau tidak sholat jangan pernah dijadikan teman, jangan pernah dipilih jadi imam (pemimpin) karena Allah saja berani dia tinggalkan apalagi bawahannya, siapa yang tidak berguna baginya terhadap peringatan Allah maka tidak akan pernah berguna baginya peringatan dari siapapun. orang yang tidak sholat dia telah jatuh dimata Allah. Kita pun terus belajar untuk menjadi orang-orang yang terus mendaki, terus menggapai rahmat Allah, terus belajar untuk menjadi orang yang dipandang dengan rahmat Allah swt.


Kedua, Tingkat Klas Ekonomi, Sholatnya sebagai Kewajiban.

Jika ada orang yang mengaggap sholatnya sebagai kewajiban maka tidak pernah menambah dengan sholat-sholat sunah, sholatnya pun dikerjakan sesingkat-singkatnya. Imam Al-Ghazali berkata dalam kitab Bidayah al Hidayah “mengerjakan yang fardhu ibarat orang dagang baru kembali modalnya saja, keuntungannya ada pada amal yang sunah” semakin sering mengerjakan yang sunah maka semakin banyak keuntungannya pula.


Padahal jika ingin selamat, ingin sukses, ingin berhasil dan ingin keluar  dari berbagai masalah besar yang menimpa, jangan pernah tinggalkan sholat, jiak berani tinggalkan sholat berarti berani meninggalkan Allah padahal Allah adalah maha pemberi dan maha penentu segala hidup mati kita.

فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ

“Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.” (HR. Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi dan Hakim).

فَإِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ.

“Apabila shalatnya baik, maka seluruh amalnya pun ikut baik. Apabila shalatnya buruk, maka seluruh amalnya pun ikut buruk” (HR. Ath-Thabrani).


Jika sholatnya benar, maka seluruh ibadahnya benar, jika seluruh ibadahnya benar maka hidupnya pasti benar, jika hidupnya benar maka matinya pun benar, jika matinya benar maka pasti akan bertemu dengan orang yang paling benar dalam sugraNya Allah swt yaitu Rasulullah saw.


Ketiga, Tingkat Klas Bisnis, Sholatnya sebagai Kebutuhan.

Sholat kita adalah kebutuhan kita sama seperti makan, kita akan nambah dan nambah lagi karena kita tau makan adalah kebutuhan kita. Saya butuh untuk sholat karena saya butuh kepada Allah, saya perlu sholat karena saya perlu kepada Allah, saya perlu sholat karena saya tau urusan saya sebesar apapun saya rasakan adalah kecil dalam pandangan Allah, saya perlu sholat karena permasalahn dalam hidup saya yang saya rasakan sebesar gunung, diatas pundak saya, diatas punggung saya, dihadapan Allah tidak sampai setitik debu yang sangat mudah Allah angkatkan dari kehiupan saya, maka kita jadikan sholat sebuat kebutuhan.


Saat sedang sakit jangan tinggalkan sholat, karena kita lagi butuh kesehatan, kesembuhan dari Allah karena Allahlah Maha Penyembuh segalanya. Hal ini seperti dikatakan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam dalam Al Qur’an :

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

“Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku” (As Syu’araa: 80).

Habib Ali habsy berkata : “Sayyidina Ali kalau sedang sakit sembuhnya dengan sholat, rasanya Allah letakkan rahasia kesembuhan ada pada terletaknya jidat kita pada saat sujud.


Lagi banyak hutang jangan tinggalkan sholat karena kita menghadap kepada Sang pemilik segalan kekuasaan, pemilik dunia akhirat, pemilik semua uang diatas muka bumi ini adalah Allah.

Semua permasalahan-permasalahan hidup kita menjadi ringan saat kita meletakkan dahi ditempat sujud, kita berbisik lirih kepada Allah karena suara rintihan doa kita didengar yang punya arsy, didengar segenap malaikat-malaikat diatas langit, sehingga Allah mengatakan kepada kita,

وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ ۩ ࣖ

“dan sujudlah serta mendekatkanlah (dirimu kepada Allah)”. (QS. Al Alaq : 19).

Maka perbanyaklah doa dalam sujud, doa sangat mungkin diijabah Allah, apalagi dipanjatkan sepertiga malam saat banyak manusia sedang terlelap tidurnya.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ : ( أَقْرَبُ مَا يَكُونُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Keadaan seorang hamba paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud, maka perbanyaklah berdoa saat itu.” (HR. Muslim).


Rahmat Allah turun disepertiga malam dan Allah memilih hambaNya yang akan dibangunkan untuk menghadapNya

« ‌يَنْزِلُ ‌اللهُ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا كُلَّ لَيْلَةٍ حِينَ يَمْضِي ثُلُثُ اللَّيْلِ الْأَوَّلُ، فَيَقُولُ: أَنَا الْمَلِكُ أَنَا الْمَلِكُ مَنْ ذَا الَّذِي يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ؟ مَنْ ذَا الَّذِي يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ؟ مَنْ ذَا الَّذِي يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ؟ فَلَا يَزَالُ كَذَلِكَ حَتَّى يُضِيءَ الْفَجْرُ »

"Allah turun kelangit dunia setiap malamnya ketika telah berlalu sepertiga malam yang pertama, kemudian Dia berfirman; Saya adalah Raja, barang siapa yang berdo'a kepadaku niscaya Aku akan mengabulkannya, barang siapa yang meminta kepadaku niscaya Aku akan memberinya dan barang siapa yang meminta ampunan kepadaku niscaya Aku akan mengampuninya, dan Dia masih saja berfirman seperti itu sampai terbit fajar menyingsing." (HR. Muslim).


Keempat, Klas Ekskutif, Sholat sebagai Hoby (hiburan) dalam Hidupnya.

Inilah sholat para Nabi, para Rasul, para sahabat, dan para tabi’in. Rasululla saw bersabda:

جُعِلَتْ قُرُّةُ عَيْنِيْ فِى الصَّلاَةِ

“Dijadikan sesuatu yang paling menyenangkan hatiku ada pada saat mengerjakan shalat” (HR. An-Nasaa`i dan Ahmad).

Nabi itu kesenangannya dan hobynya adalah sholat. Rasulullah saw bersabda

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ فَزَعَ إِلَى الصَّلَاةِ.

“Kebiasaan Rasulullah ketika menghadapi kesukaran adalah segera melakukan sholat.” (HR. Abu Dawud, Ahmad)

Sehingga para sahabat diantaranya Ali bin Abi Thalib ra mengatakan,

لَقَدْ رَأَيْتَنَا لَيْلَةَ بَدْرٍ وَمَا فَيْنَا إِلَّا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّى وَ يَدْعُ حَتَّى أَصْبَحَ.

“Pada malam akan terjadi perang Badar, tidak seorangpun diantara kami melainkan ia tidur, kecuali nabi saw, ia melakukan sholat dan berdo’a hingga pagi.”  (Tafsir Ibnu Katsir)


Nabi kalau mendengar kabar-kabar yang tidak enak segera menuju pada sholat, kalau sudah ada kabar pasukannya terkalahkan di medan perang, Nabi melihat bilal, lalu Nabi bertanya ‘sudah dekat wkatu sholat bilal? Bilal menjawab sebentar lagi ya Rasul, Nabi berkata : ‘Santaikan diri saya Bilal, tolong hibur diri saya Bilal, segera adzan dan kita akan sholat bersama-sama wahai Bilal.


Begitu juga Umar bin al Khottob kalau mau sholat sunah beliau memanggil orang, beliau sholat dalam masjid ada orang yang sedang membaca alquran  beliau panggil, ‘kamu saya nanti bayar, kamu duduk disebelah saya sambil membaca alquran, orang itu bertanya untuk apa tuan?, untuk menegur saya, mengingatkan saya lagi sholat, kalau kamu liat saya sholat berdirinya kelamaan ingetin saya untuk ruku, kalau kamu melihat ruku saya kelamaan tidak bangun-bangun ingetin saya untuk bangun, kalau kamu melihat sujud saya kelamaan ingetin saya untuk duduk karena saya kalau sedng berdiri baca alquran lupa untuk ruku karena nikmatnya bacaan alquran. Karena beliau menjadikan sholat sebagai hoby.


Dari kalangan tabiin, Ali Zainal Abidin. Pernah sedang sholat sunah rumahnya kebakaran, orang-orang pada teriak, beliau tidak melihat apa-apa, seraya berkata : ”didepan saya ada api neraka yang lebih besar dan saya tidak melihat api sekecil ini.

Mari kita selalu berdoa dengan doa yang selalu dipanjatkan Nabi Ibrahim as

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ ۝٤٠

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim : 40).

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

uanuan

UMROH HEMAT 09 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Scoot Air

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 06 Oktober 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 14 Oktober 2024
By Pesawat Scoot Air
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”


KABAR GEMBIRA...
Bagi Anda Yang Ingin BERANGKAT HAJI REGULER di Tahun 2025
SILAHKAN BERGABUNG....
Bimbingan Manasik Reguler
Dibimbing Langsung Oleh : Ustadz H.Nur Anwar Amin,Lc Pimpinan Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Bisa BERGABUNG Bagi Anda Yang :
- Porsi Hajinya di tahun 2025
- Porsi Haji Kabupaten & Kota Bekasi
- Porsi Haji Mandiri
- Belum terdaftar di KBIHU Manapun
- Sudah terdaftar di KBIHU namun ingin Bimbingan Manasik Haji
- Rencana mau BADAL HAJI
- Rencana Mau Ibadah Umroh

JOIN US :
> Pembimbing Profesional
> Info Haji Terupdate
> Pelayanan Nyaman & Dilayani
> Lengkap Teori, Praktik Haji & Umroh
WA : 08161191890




YUUUK TUNAIKAN ZAKAT
"Sucikan Harta, Bahagiakan Dhuafa"
UPZ BAZNAS Wafizs Al-Amin Centre Menerima & Menyalurkan : 
Wakaf, Infaq, Zakat dan Sedekah
#Melalui Transfer Ke Rekening :
BSI : 711 7824 823
Mandiri : 156 00 1497 0331
BNI : 0814 1068 54
a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. 
Contact UPZ Wafizs Al-Amin Center WA :
0857-7814-1993
08161191890


UMROH AWAL MUSIM 11 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Pesawat Saudia Airlines (SV 827)

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 14 Juli 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah (11 Maret 2024) 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 24 Juli 2024
By Pesawat Saudia Airlines (SV 816) 
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”