Khutbah Jumat (Edisi 159 Tema : “Berlomba-lomba Menggapai Cahaya Nabi saw”

Khutbah Jumat (Edisi 159 Tema : “Berlomba-lomba Menggapai Cahaya Nabi saw”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 159 Tema  :

“Berlomba-lomba Menggapai Cahaya Nabi saw”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ AL-ITTIHAD Penggilingan Tengah Kab. Bekasi. Jumat, 20 September2024 M/16 R. Awwal 1446 H. 

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Bulan Rabiul Awal saatnya kita mengenal lebih dekat sosok Nabi Muhamad saw, dibulan ini kita berusaha mencitainya, menjalani semua sunah-sunahnya, mengikuti akhlaknya, siapa saja yang mengikuti Nabi saw pasti selamat, pasti hidupnya tenang, hidupnya tentram, hidupnya bahagia dunia akhirat karena hanya Rasululloh saw yang akan bisa menyelamatkan kita.


Jangan pernah jauh dengan Nabi saw, jangan pernah tinggalkan ajarannya, jangan pernah lupa bersholawat untuknya karena sholawat itu menjadi wasilah untuk meraih syaf’at Rasulullah saw pada hari kiamat. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah saw bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.” (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy).


Terutama lagi jangan pernah tinggalkan sholawat setiap hari jumat jika di ingin pada hari kiamat paling dekat dengan Nabi saw.

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi).


Dua wasiat ajaran Nabi saw yang jangan pernah ditinggalkan jika ingin selamat di dunia dan akhirat, jadikan keduanya pegangan hidup, undang-undang berkehidupan. Beliau bersabda,

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku telah tinggalkan kepada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” (HR. Malik; Al-Hakim, Al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm).


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Apa saja keuntungannya jika kita selalu membersamai dengan Rasulullah saw ? :

Pertama, Disayang Allah. Firman Allah swt

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ۝٣١

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali 'Imran : 31).


Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan ayat ini, ‘Jika kamu benar-benar jujur dalam mencintai Allah swt, maka ikuti RasulNya Nabi Muhammad saw. Jika kamu lakukan itu maka kamu akan mendapatkan apa yang kamu cari, yaitu cinta dan sayang pada Allah, bahkan kamu akan mendapatkan lebih daripada itu yaitu cinta dan sayang Allah kepadamu dan cinta dan sayang Allah kepadamu itu jauh lebih besar daripada cintamu kepada Allah swt.


Sebagian ahli hikmah mengatakan, ‘Yang hebat itu bukan engkau mencintai Allah tapi bagaimana engkau dicintai Allah’. Pastinya, kalau Allah sudah sayang terhadap hambaNya, Allah sudah cinta kepada hambaNya akan Allah berikan apa yang hambaNya pinta, apa saja kita mohonkan kepadaNya pasti beri, Allah ijabah. Maka ikuti Nabi saw, jangan pernah sekali-kali jauh dari sunah Nabi saw.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله 

Kedua, Rasul itu Cahaya.

Di bulan mulia ini berlomba-lombalah menggapai cahaya Nabi saw, mumpung Allah beri kita bertemu dengan bulan Rabiul Awal ini, belum tentu tahun depan kita bisa berjumpa lagi. Jika hidup kita diwarnai dengan cahaya Nabi saw pasti akan berjalan mulus, tiidak akan ditemui kendala apapun, hidup kita disinari dengan sunah Nabi saw aman, nyaman dan sejahtera.

Bukti Nabi saw itu cahaya, banyak disebutkan dalam al-quran, diantaranya :

Dalam suroh Nuh ayat 16 Allah menjadikan matahari sebagai سِرَاجًا (pelita) dan bulan sebagai مُّنِيْرًا (bercahaya).

وَّجَعَلَ الْقَمَرَ فِيْهِنَّ نُوْرًا وَّجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَاجًا ۝١٦

“Di sana Dia menjadikan bulan bercahaya dan matahari sebagai pelita (yang cemerlang)”. (QS. Nuh : 16).

تَبٰرَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِى السَّمَاۤءِ بُرُوْجًا وَّجَعَلَ فِيْهَا سِرٰجًا وَّقَمَرًا مُّنِيْرًا ۝٦١

“Maha memberkahi (Allah) yang menjadikan gugusan bintang di langit serta padanya pelita (matahari) dan bulan yang bercahaya.” (QS. Al-Furqan : 61).


Yang paling menarik adalah ketika Allah saw berfirman bahwa matahari ini adalah سِرَاجًا dan bulan adalah مُّنِيْرًا, Allah berfirman terkait baginda Nabi Muhamd saw dalam suroh al-ahzab ayat 45-46

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِنَّآ اَرْسَلْنٰكَ شَاهِدًا وَّمُبَشِّرًا وَّنَذِيْرًاۙ ۝٤٥

 “Wahai Nabi (Muhammad), sesungguhnya Kami mengutus engkau untuk menjadi saksi, pemberi kabar gembira, dan pemberi peringatan.” (QS. Al-Ahzab : 45).

وَّدَاعِيًا اِلَى اللّٰهِ بِاِذْنِهٖ وَسِرَاجًا مُّنِيْرًا ۝٤٦

“dan untuk menjadi penyeru kepada (agama) Allah dengan izin-Nya serta sebagai pelita yang menerangi.” (QS. Al-Ahzab : 46).

Allah langsung yang menyatakan tentang baginda Rasululloh saw, itu sebagai سِرَاجًا مُّنِيْرًا. (pelita yang menerangi) Maka sering kita senandungkan pada kisah maulid Nabi saw

أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ، أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرٍ، أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي، أَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ

“Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama, engkau cahaya diatas cahaya, engkau bagai emas murni, engkaulah pelita hati”

Ungkapan ini senada dengan firman Allah swt bahwa “Rasulullah engkaulah matahari, engkaulah purnama”

قَدْ جَاۤءَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ نُوْرٌ وَّكِتٰبٌ مُّبِيْنٌۙ ۝١٥

“Sungguh, telah datang kepadamu (utusan) cahaya dari Allah dan kitab suci yang jelas.” (QS. Al-Ma'idah : 15).


Makna cahaya disini dalam tafsir جامع البيان عن التاويل القران الطبري karya Abdullah Muhamad bin Ahmad Al-Anshori Al-Qurthubi adalah Nabi Muhamad saw karena Rasul itu hadir diutus oleh Allah kedunia ini untuk menerangi kebenaran setelah orang hidup di jaman jahiliyah.

Dalam tafsir الجامع لاحكام القران القرطبي  karya Abdullah Muhamad bin Ahmad Al-Anshori Al-Qurthubi dari ulama Andalusia. Makna cahaya disini ada dua (1) cahaya islam (2) cahaya Nabi Muhammad saw karena Rasul itu yang membawa islam.


Ada doa Nabi saw yang selalu beliau baca dalam perjalanan dari rumahnya menuju masjid.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى لِسَانِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى بَصَرِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِى نُورًا وَمِنْ أَمَامِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِى نُورًا وَمِنْ تَحْتِى نُورًا. اللَّهُمَّ أَعْطِنِى نُورًا

“Ya Allah, berikanlah cahaya di hatiku, pendengaranku, penglihatanku, di belakangku, di hadapanku, di atasku dan di bawahku. Ya Allah berikanlah aku cahaya.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Kita disuruh Nabi saw untuk selalu berdoa ini agar dijadiakn hati kita, pendengar, penglihatan, ucapan kita, termasuk batin dan diri kita ada cahaya dari Allah swt.

Begitu juga kita juga sering dengar ayat ini dipenghujungnya dijadikan doa agar disempurnakan cahaya.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ۝٨

“Wahai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersamanya. Cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanannya. Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim : 8).


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Orang mukmin diberikan nur (Cahaya) oleh Allah swt, Rasul dijadikan cahaya, kita diberi Cahaya. Cahaya Nabi saw diatas segalanya, Cahaya Nabi saw jauh lebih besar daripada cahaya orang beriman أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرٍ maka jangan sia-siakan dibulan mulia ini untuk menggapai Cahaya Nabi saw.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

uanuan


UMROH HEMAT 09 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Scoot Air

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 06 Oktober 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 14 Oktober 2024
By Pesawat Scoot Air
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”


KABAR GEMBIRA...
Bagi Anda Yang Ingin BERANGKAT HAJI REGULER di Tahun 2025
SILAHKAN BERGABUNG....
Bimbingan Manasik Reguler
Dibimbing Langsung Oleh : Ustadz H.Nur Anwar Amin,Lc Pimpinan Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Bisa BERGABUNG Bagi Anda Yang :
- Porsi Hajinya di tahun 2025
- Porsi Haji Kabupaten & Kota Bekasi
- Porsi Haji Mandiri
- Belum terdaftar di KBIHU Manapun
- Sudah terdaftar di KBIHU namun ingin Bimbingan Manasik Haji
- Rencana mau BADAL HAJI
- Rencana Mau Ibadah Umroh

JOIN US :
> Pembimbing Profesional
> Info Haji Terupdate
> Pelayanan Nyaman & Dilayani
> Lengkap Teori, Praktik Haji & Umroh
WA : 08161191890




YUUUK TUNAIKAN ZAKAT
"Sucikan Harta, Bahagiakan Dhuafa"
UPZ BAZNAS Wafizs Al-Amin Centre Menerima & Menyalurkan : 
Wakaf, Infaq, Zakat dan Sedekah
#Melalui Transfer Ke Rekening :
BSI : 711 7824 823
Mandiri : 156 00 1497 0331
BNI : 0814 1068 54
a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. 
Contact UPZ Wafizs Al-Amin Center WA :
0857-7814-1993
08161191890


UMROH AWAL MUSIM 11 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Pesawat Saudia Airlines (SV 827)

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 14 Juli 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah (11 Maret 2024) 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 24 Juli 2024
By Pesawat Saudia Airlines (SV 816) 
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”