Khutbah Jumat (Edisi 161 Tema : “5 Nama Nabi saw Diabadikan Dalam Al-Qur’an”

Khutbah Jumat (Edisi 161 Tema : “5 Nama Nabi saw Diabadikan Dalam Al-Qur’an”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 161 Tema  :

“5 Nama Nabi saw Diabadikan Dalam Al-Qur’an”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ AL-ARQOM Pesona Anggrek Kota Bekasi. Jumat, 11 Oktober 2024 M/01 R. Tsani 1446 H. 

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Nabi Muhammad saw adalah manusia yang paling sempurna, sempurna jasmani dan rohaninya, manusia yang paling indah penampilan fisiknya dan paling sempurna kepribadiannya yang tidak dimiliki oleh insan manapun, manusia yang paling sempurna kedermawanan dan keberaniannya, sehingga Anas ra,  mengatakan,

كَانَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْمَلَ النَّاسِ وَأَشْجَعَ النَّاسِ

“Beliau adalah orang yang paling dermawan, paling tampan dan paling pemberani” (HR al-Bukhâri dan Muslim).


Raslullah saw adalah manusia yang paling sempurna akhlaknya, manusia yang paling bersih dari dosa, tidak pernah menyembah berhala, tidak pernah minum yang memabukkan dan tidak pernah mengerjakan hal-hal yang buruk, tidak pernah berbuat dosa dan maksiat, manusia yang paling jujur, paling amanah sehingga beliau terkenal dengan julukan al-amîn (orang yang terpercaya).


Rasulullah dijadikan cahaya, orang beriman diberi cahaya, cahaya Nabi saw diatas segalanya, cahaya Nabi saw jauh lebih besar daripada cahaya orang beriman.

أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ، أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرٍ، أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي، أَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ

“Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama, engkau cahaya diatas cahaya, engkau bagai emas murni, engkaulah pelita hati”


Diantara 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui Nabi Muhamad saw adalah اعظم المخلوقات واكرم الانبياء واشرف المرسلين “makhluk yang paling agung, Nabi yang paling mulia dan Rasul yang mulia”, meskipun semuanya dengan jumlah yang sangat banyak. Diantara riwayat yang menjelaskan :

Dari Abu Dzar ra, ia berkata:

قلتُ : يا رسولَ اللهِ ! أيُّ الأنبياءِ كان أولُ ؟ ! قال : آدمُ، قلتُ : يا رسولَ اللهِ ! ونبيٌّ كان ؟ ! قال : نعم نبيٌّ مُكلَّمٌ، قلتُ : يا رسولَ اللهِ : كم المرسلونَ ؟ ! قال : ثلاثُ مئةٍ وبضعةَ عشرَ ؛ جمًّا غفيرًا

“Aku bertanya : wahai Rasulullah, siapa Nabi pertama? Rasulullah menjawab : Adam. Aku bertanya : wahai Rasulullah, apakah beliau (Adam) seorang Nabi? Rasulullah menjawab : benar, ia seorang Nabi yang diajak bicara oleh Allah. Aku bertanya : wahai Rasulullah, ada berapa jumlah para Rasul? Rasulullah menjawab : 300 sekian belas, mereka sangat banyak” (HR. Ahmad, Al Hakim dan Al Baihaqi).

Dalam riwayat lain dari Abu Dzar juga :

قلت : يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمِ الْأَنْبِيَاءُ ؟ قَالَ: ( مِائَةُ أَلْفٍ وَعِشْرُونَ أَلْفًا)، قُلْتُ :يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمِ الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ؟ قَالَ : (ثَلَاثُ مِائَةٍ وَثَلَاثَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا)

“Aku berkata : wahai Rasulullah, ada berapa jumlah Nabi? Rasulullah menjawab : Nabi ada 120.000 orang. Aku berkata : wahai Rasulullah, ada berapa jumlah Rasul? Rasulullah menjawab : Rasul ada 313 orang, mereka sangat banyak” (HR. Ibnu Hibban).

Dalam riwayat lain dari Abu Umamah radhiallahu ‘anhu,

قُلتُ: يا رسولَ اللهِ، كم وَفَّى عِدَّةُ الأنبياءِ؟ قال: مِئةُ ألْفٍ وأربعةٌ وعشرونَ ألْفًا، الرُّسُلُ مِن ذلك ثلاثُ مِئةٍ وخَمسةَ عَشَرَ جَمًّا غَفيرًا

“Aku berkata : wahai Rasulullah, ada berapa jumlah Nabi? Rasulullah menjawab : Nabi ada 124.000 orang dan di antara mereka ada para Rasul sebanyak 315 orang, mereka sangat banyak” (HR. Ahmad).


Dari 25 Nabi dan Rasul lalu dipilih lagi oleh Allah swt yang disebut dengan Ulul Azmi berjumlah 5 Nabi yaitu Nabi Nuh, Nabi Ibrohim, Nabi Musa, Nabi Isa dan puncaknya Nabi Muhammad saw. Kemudian kalau kita membaca alquran dari suroh alfatehah sampai suroh An-Nas, Allah juga menyebutkan nama Rasulullah saw itu ternyata disebutkan ada 5 nama dalam alquran. Diantaranya,

Pertama, QS. Ali Imron ayat 144.

وَمَا مُحَمَّدٌ اِلَّا رَسُوْلٌۚ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُۗ اَفَا۟ىِٕنْ مَّاتَ اَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلٰٓى اَعْقَابِكُمْۗ وَمَنْ يَّنْقَلِبْ عَلٰى عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَّضُرَّ اللّٰهَ شَيْـًٔاۗ وَسَيَجْزِى اللّٰهُ الشّٰكِرِيْنَ ۝١٤٤

“(Nabi) Muhammad hanyalah seorang rasul. Sebelumnya telah berlalu beberapa rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh, kamu berbalik ke belakang (murtad)? Siapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak akan mendatangkan mudarat kepada Allah sedikit pun. Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali 'Imran : 144).

Kedua, QS. Al-Ahzab Ayat 40.

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًاࣖ ۝٤٠

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, melainkan dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Ahzab : 40).

Ketiga, QS. Al-Fath Ayat 29.

مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِۗ وَالَّذِيْنَ مَعَهٗٓ اَشِدَّاۤءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًاۖ سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِۗ ذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰىةِۖ وَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِۚ كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْـَٔهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَۗ وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًاࣖ ۝٢٩

“Nabi Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengannya bersikap keras terhadap orang-orang kafir (yang bersikap memusuhi), tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud (bercahaya). Itu adalah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu makin kuat, lalu menjadi besar dan tumbuh di atas batangnya. Tanaman itu menyenangkan hati orang yang menanamnya. (Keadaan mereka diumpamakan seperti itu) karena Allah hendak membuat marah orang-orang kafir. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Fath : 29).

Keempat, QS. Muhammad Ayat 2.

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاٰمَنُوْا بِمَا نُزِّلَ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَّهُوَ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْۚ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَاَصْلَحَ بَالَهُمْ ۝٢

“Orang-orang yang beriman, beramal saleh, dan beriman pada apa yang diturunkan kepada (Nabi) Muhammad bahwa ia merupakan kebenaran dari Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaannya.” (QS. Muhammad : 2).

Kelima, QS. Ash-Shaff Ayat 6.

وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَمُبَشِّرًا ۢ بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗٓ اَحْمَدُۗ فَلَمَّا جَاۤءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ ۝٦

“(Ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata, “Wahai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu untuk membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi kabar gembira tentang seorang utusan Allah yang akan datang setelahku yang namanya Ahmad (Nabi Muhammad).” Akan tetapi, ketika utusan itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata.” (QS. Ash-Shaff : 6).


Penyebutan nama اَحْمَدُ ini menurut semua pakar tafsir sepakat bukan Ahmad sembarang Ahmad yang jaman sekarang banyak mengaku Nabi seperti Ahmad Mushoddiq, bukan juga Mizar Gulam Ahmad, tapi Ahmad adalah Muhammad Rasulullah saw. Apalagi jika kita baca dalam kitab shohih Al-Bukhori merupakan puncak hadits yang shohih. Nabi saw bersabda,

إِنَّ لِي أَسْمَاءً : أَنَا مُحَمَّدٌ ، وَأَنَا أَحْمَدُ ، وَأَنَا الْمَاحِي الَّذِي يَمْحُو اللَّهُ بِيَ الْكُفْرَ ، وَأَنَا الْحَاشِرُ الَّذِي يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمَيَّ ، وَأَنَا الْعَاقِبُ الَّذِي لَيْسَ بَعْدَهُ أَحَدٌ

“Aku memiliki nama-nama. Aku adalah Muhammad dan aku juga Ahmad, Aku adalah Al Mahi karena Allah menghapuskan kekufuran dengan perantara diriku, Aku adalah Al Hasyir karena manusia pertma dibangkitkan di atas kakiku, dan aku adalah Al ‘Aqib (penutup), karena tidak ada lagi nabi setelahku.” (HR Bukhori dan Muslim).


5 nama Nabi disebutkan dalam alquran dan hadits dan 5 ulul azmi. ini terjadi pasti ada sesutu hikmah besar, kemuliaan Nabi Nuh sudah ada dalam diri Rasulullah saw saw, kemuliaan Nabi Ibrahim yang digelari abul anbiya, sudah ada dalam diri Rasulullah saw, mau cari kemulian Nabi Musa sudah ada dalam diri Rasuullah saw, kemuliaan Nabi Isa sudah ada dalam diri Nabi saw dan kemulian semua Nabi sudah terkumpul dan tersaripati dalam sosok Nabi Muhamad saw.


Namun hanya satu penyebutan أَحْمَدُ tidak dimiliki oleh para Rasul yang lain, istilahnya أَحْمَدُ itu adalah sighot muntahal jumu’ namanya ada dipuncak, seperti kita kalau sholat menyebut أَكْبَرُ maha besar itu puncak, tidak ada yang lebih besar dari Allah karena أَحْمَدُ itu struktur katanya sama dengan أَكْبَرُ. Kata أَحْمَدُ itu juga untuk menunjukkan puncak pujian, puncak pujian Allah itu bukan surga, bukan malaikat, bukan bidadari adalah Rasulullah saw. Namun Nabi saw juga disebut أحمد الحامدين لربه yang paling punya kemampuan untuk memuji Allah swt, tidak ada Rasul lain yang paling luar biasa memuji Allah swt kecuali Nabi Muhamad saw.


Nabi Muhamad saw juga secara sosok beliau punya sifat-sifat yang paling terpuji, tidak ada orang yang sifatnya paling bagus ada dipuncak kecuali Rasulullah saw, misalnya kita melihat ada orang dermawan dan baik banget tapi yang paling dermawan sampai hari kiamat hanya Nabi saw, Nabi saw itu luar biasa saking dermawannya apapun yang beliau miliki tidak ada yang disimpan termasuk uang, sedikitpun tidak ada yang disimpan beliau bagikan sebelum tidur, ciri yang seperti ini hanya Rasul saw, berbeda dengan kita, meskipun kita jumpai ada orang dermawan banget pasti masih ada simpenannya baik dirumah atau di bank, masih ada mobilnya, masih ada kendaraannya, sedermawan apapun orang, tidak ada yang melibihi kedermawanan Nabi saw.


Ada orang yang paling ramah, paling santun, tetapi yang paling ramah dan paling santun  tidak ada kecuali Nabi saw. Jadi Nabi saw itu TER TER semua, semuanya ada dipuncak, apalagi syariat, Nabi dan Rasul meninggal dunia, udah diganti syariatnya, diperbaharui lagi dengan Nabi setelahnya, tapi kalau syariat Nabi Muhamad saw, islam, al-quran, sunah, hadits tidak ada yang tergantikan dangan syariat yang lainnya, ini yang tidak dimilki oleh setiap Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah swt.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

uanuan


UMROH HEMAT 09 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Scoot Air

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 06 Oktober 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 14 Oktober 2024
By Pesawat Scoot Air
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”


KABAR GEMBIRA...
Bagi Anda Yang Ingin BERANGKAT HAJI REGULER di Tahun 2025
SILAHKAN BERGABUNG....
Bimbingan Manasik Reguler
Dibimbing Langsung Oleh : Ustadz H.Nur Anwar Amin,Lc Pimpinan Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Bisa BERGABUNG Bagi Anda Yang :
- Porsi Hajinya di tahun 2025
- Porsi Haji Kabupaten & Kota Bekasi
- Porsi Haji Mandiri
- Belum terdaftar di KBIHU Manapun
- Sudah terdaftar di KBIHU namun ingin Bimbingan Manasik Haji
- Rencana mau BADAL HAJI
- Rencana Mau Ibadah Umroh

JOIN US :
> Pembimbing Profesional
> Info Haji Terupdate
> Pelayanan Nyaman & Dilayani
> Lengkap Teori, Praktik Haji & Umroh
WA : 08161191890




YUUUK TUNAIKAN ZAKAT
"Sucikan Harta, Bahagiakan Dhuafa"
UPZ BAZNAS Wafizs Al-Amin Centre Menerima & Menyalurkan : 
Wakaf, Infaq, Zakat dan Sedekah
#Melalui Transfer Ke Rekening :
BSI : 711 7824 823
Mandiri : 156 00 1497 0331
BNI : 0814 1068 54
a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. 
Contact UPZ Wafizs Al-Amin Center WA :
0857-7814-1993
08161191890


UMROH AWAL MUSIM 11 Hari Tahun 2024
Wafizs Al-Amin Centre Bekasi
By Pesawat Saudia Airlines (SV 827)

KEUNGGULANNYA :
 3 Kali Manasik
4 Kali Umroh Dengan 4 Tempat Miqot
 Free Perlengkapan
Free Bermalam Di Hotel TRIDENT Jeddah. 

KEBERANGKATAN  :
Ahad, 14 Juli 2024
 Pukul 14.00 Pelepasan Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center & Sholat Ashar Berjamaah
 Pukul 19.00 Kumpul di Bandara Soekarno Hatta (Lounge @Zukafia) 
Pukul 00.40 Take Off to Jeddah (11 Maret 2024) 
 Pukul 06.40 Tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

KEPULANGAN  :
Rabu, 24 Juli 2024
By Pesawat Saudia Airlines (SV 816) 
Pukul 09.00 wib Tiba di Bandara Soekarno Hatta

#Follow US :
________
Media Sosial Yayasan Wafizs Al-Amin Center

Instagram : wafizscenter & @adjienung
Facebook  : Wafizs Al-Amin Center & Adjie Nung 
Youtube     : Wafizs Center & Nur Anwar Amin
Tiktok        : @wafizscenter & @adjienung

Informasi Pendaftaran Haji dan Umroh WA : 085778141993 - 08161191890 - 081584282565

Wafizs Al-Amin Centre 
“Berbagi Cahaya Di Atas Cahaya”